Senin, 28 Maret 2016

Perekonomian Indonesia | Pasar Persaingan Monopolistik


Pasar Persaingan Monopolistik

Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik

Suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak (differentiated products).

Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik


1. Terdapat banyak penjual
Terdapat cukup banyak penjual namun tidak satupun dari perusahaan-perusahaan tersebut ukuran/besarnya jauh melebihi dari perusahaan-perusahaan lainnya (mempunyai ukuran yang relative sama besarnya).

2. Barangnya bersifat berbeda corak
Produksi berbeda coraknya (differentiated products) dan secara fisik mudah dibedakan di antara produksi satu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya. Terdapat juga perbedaan dalam bentuk “jasa perusahaan setelah penjualan” (after-sale service) dan perbedaan dalam cara membayar barang yang di beli. Sebagai akibatnya barang yang dihasilkan bukanlah barang yang bersifat pengganti sempurna (perfect substitute), mereka hanya merupakan pengganti yang dekat atau close substitute.

3. Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga
Perusahaan dalam persaingan monopolistik dapat mempengaruhi harga. Kekuasaan mempengaruhi harga oleh perusahaan monopolistik bersumber dari sifat barang yang dihasilkan.

4. Kemasukan ke dalam industri relatif mudah
Perusahaan yang akan masuk dan menjalankan usaha di dalam pasar persaingan monopolistik tidak akan banyak mengalami kesukaran. Namu tidak semudah seperti pasar persaingan sempurna. Ada beberapa faktor, yaitu:
· Modal yang diperlukan relatif besar.
· Perusahaan itu harus menghasilkan barang yang berbeda coraknya dengan yang sudah tersedia di pasar dan mempromosikan barang tersebut untuk memperoleh langganan.

5. Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif
Harga bukanlah penentu utama dari besarnya pasar dari perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik. Para pengusaha melakukan persaingan bukan-harga (non-price competition). Persaingan yang dilakukan adalah dalam memperbaiki mutu dan desain barang, melakukan kegiatan iklan yang terus menerus, memberikan syarat penjualan yang menarik, dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Monopolistik

Kelebihan:
  • Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
  • Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
  • Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
  • Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
Kekurangan:
  • Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
  • Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
  • Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar