Kamis, 24 Maret 2016

Perekonomian Indonesia | Pasar Persaingan Sempurna



PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Struktur pasar atau industri di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

1. Perusahaan adalah pengambil harga
Pengambil harga atau price taker berarti suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Harga barang di pasar di tentukan oleh interaksi di antara keseluruhan produsen dan keseluruhan pembeli.

2. Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
Tidak terdapat hambatan-hambatan baik secara legal atau dalam bentuk lain secara keuangan atau secara kemampuan teknologi kepada perusahaan-perusahaan untuk memasuki atau meninggalkan bidang usaha.

3. Menghasilkan barang serupa
Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Tidak terdapat perbedaan yang nyata di antara barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.

4. Terdapat banyak perusahaan di pasar
Jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan adalah sangat relative keci; kalau dibandingkan dengan keseluruhan jumlah perusahaan di dalam pasar.

5. Pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar
Pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna


Kelebihan:
  • Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpembeli.
  • Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
  • Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
  • Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya homogenitas barang.
  • Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
  • Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.
Kekurangan:
  • Tidak mendorong inovasi. Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain.
  • Membatasi pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan adalah seratus persen sama, sehingga membuat konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
  • Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang.
http://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-persaingan-sempurna-ciri-ciri-dan-contohnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar