Kamis, 05 November 2015

Tugas_4SS_PBisnis

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN
PT PRATAMA ABADI INDUSTRI


Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”

Ada beberapa variabel dalam strategi pemasaran, yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence (4P+3P).

Saya akan mencoba membahas dan menganalisis PT. Pratama Abadi Industri dalam menerapkan 7 variabel ini

1. Product (Produk)
PT. Pratama Abadi Industri adalah suatu perusahaan manufacturing (memproduksi sepatu olahraga dengan brand NIKE)

2. Price (Harga)
Dalam penentuan harga perlu kesepakatan antara PT. Pratama Abadi Industri dengan pihak buyer. Akan tetapi pihak perusahaan hanya bertanggung jawab terhadap harga produksi bukan harga konsumen. Untuk perhitungan harga produksi PT. Pratama Abadi Industri memperhitungkan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya pengerjaan, dan biaya transportasi. Disamping biaya-biaya tersebut, masih ada hal-hal yang menjadi pertimbangan untuk harga yaitu kualitas sepatu. Dalam hal ini kualitas sepatu dibedakan menjadi dua tingkatan :
1) Sepatu kualitas A (A-Grade)
     Sepatu A-Grade adalah sepatu yang dihasilkan dengan mutu terbaik atau lolos uji.
2) Sepatu kualitas B (B-Grade)
     Sepatu B-Grade adalah sepatu yang dihasilkan dengan nilai rupiahnya turun menjadi 60% dari A-Grade karena kesalahan yang masih dapat ditoleransi.

3. Place (lokasi)
PT. Pratama Abadi lndustri terletak di Jl. Raya Serpong Km 07, Pakulonan Serpong- Tangerang Indonesia. Pemilihan lokasi perusahaan mengacu pada:
a. Daerah yang strategis karena dekat dengan jalan tol, baik menuju Jakarta maupun menuju pelabuhan Merak.
b. Daerah tersebut merupakan kawasan industri di Tangerang, sehingga tenaga kerja lebih mudah didapat, baik penduduk di sekitar perusahaan maupun tenaga kerja di luar Tangerang.
c. Biaya gedung dan tanah lebih murah, sehingga memungkiukan melakukan perluasan areal pabrik.
d. Perijinan lebih mudah diperoleh karena merupakan daerah industri.

4. Promotion (Promosi)
Karna PT ini merupakan perusahaan manufaktur pembuatan sepatu NIKE sport shoes untuk pemasaran luar negeri sepatu Beaverton, Belgia, Brazil, Canada, Amerika Serikat, Vietnam dan sejumlah negara Eropa maka promosi dilakukan oleh pihak perwakilan NTKE sebagai buyer. Namun PT. Pratama Abadi Industri melakukan promosi terbatas pada buyer atau pihak NlKE agar lebih mendapat kepercayaan dari pihak buyer. Disamping itu pihak PT. Pratama Abadi Industri juga aktif mengikuti pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh buyer yang mempunyai perwakilan NTKE di Jakarta, serta terbuka dalam menerima tamu dari NIKE BEAVERTON, USA.

5. People (Karyawan)
Dalam mencapai tujuan, PT. Pratama Abadi Industri mempekerjakan kurang lebih 8.000 orang karyawan. Pendidikan terendah PT. Pratama Abadi adalah SLTP.

6. Process (Proses)
Sejak PT. Pratama abadi Industri didirikan, perusahaan ini telah menerapkan sistem Direct Line untuk memproduksi produknya, dimana pada sistem ini akan membutuhkan banyak inventory/ persediaan demi berlangsungnya produksi secara terus menerus. Sehingga dapat dipastikan (telah terbukti) bahwa proses produksi tidak pernah kekurangan bahan baku sehingga proses produksi tersebut dapat terus berjalan. Sering perkembangan dan kemajuan PT. Pratama Abadi Industri sekarang memiliki 14 Direct Line dimana setiap direct line menghasilkan 2500 pasang sepatu dan 10 NOSLine dimana setiap NOSline menghasilkan 1200 pasang sepatu setiap harinya.PT. Pratama Abadi Industri memiliki anak perusahaan yang membantu membuat beberapa komponen bagian sepatu. Apabila komponen bagian sepatu selesai dibuat maka akan langsung dikirimkan ke PT. Pratama Abadi Industri. Jadi factory hanya ada proses menggabungkan komponen sepatu menjadi sepatu. Berikut anak perusahaan PT. Pratama Abadi Industri adalah :
1. PT. Sumber Masanda Jaya memproduksi upper.
2. PT. Agung Pelita Industrindo memproduksi embroldery,HF,welding/injection, outsoul dan bottom accessories.
3. PT. Sinar Timur Industrindo memproduksi injection phylon.
Perusahaan menyadari bahwa bukan yang terkuat/terpintar yang dapat bertahan, teteapo yang paling mudah beradaptasi terhadap perubahan. Hal ini dibuktikan dengan ada nya motto perusahaan: “Small but the best in the world”

7. Physical Evidence (Bukti Fisik)
PT.Pratama Abadi lndustri (PAl) didirikan pada tanggal 12 juni tahun 1989. Perusahaan yang menempati areal tanah seluas 70.000 m2 ini, mulai memproduksi pada tahun 1991.


Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar