Rabu, 16 Desember 2015

Tugas_5SS_PBisnis

Rekrutmen dan Seleksi Perusahaan

Proses seleksi dan rekrutmen dalam suatu perusahaan adalah hal yang paling utama dan mendasar dalam pembangunan perusahaan. Proses ini mempunyai peran penting untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul serta berkualitas.

DEFINISI REKRUTMEN

menurut para ahli,
  1. Rekrutmen adalah proses menentukan dan menarik pelamar yang mampu untuk bekerja dalam suatu perusahaan (Rivai & Sagala, 2011).
  2. Rekrutmen adalah tindak lanjut dari fungsi manajemen yang pertama yaitu pengadaan tenaga kerja (Ardana, 2011).
  3. Rekrutmen adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan,keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan ke karyawanan. Aktifitas rekrutmen dimulai pada saat calon mulai dicari dan berakhir pada saat lamaran mereka diserahkan (Hendry Simamora 2004:170). 
Secara keseluruhan rekrutmen mempunyai arti mencari dan menarik tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi posisi yang dibutuhkan sampai akhirnya pelamar tersebut dapat bekerja dan menjadi karyawan.

TUJUAN PEREKRUTAN

  1. Menyediakan sekumpulan calon tenaga kerja/karyawan yang memenuhi syarat;
  2. Agar konsisten dengan strategi, wawasan dan nilai perusahaan;
  3. Untuk membantu mengurangi kemungkinan keluarnya karyawan yang belum lama bekerja;
  4. Untuk mengkoordinasikan upaya perekrutan dengan program seleksi dan pelatihan;
  5. Untuk memenuhi tanggungjawab perusahaan dalam upaya menciptakan kesempatan kerja
SUMBER PEREKRUTAN

Calon tenaga kerja yang akan direkrut dapat diambil dari internal organisasi maupun eksternal organisasi. Perekrutan tenaga kerja dari dalam biasanya dilakukan oleh organisasi/perusahaan yang telah lama berjalan dan memiliki sistem karier yang baik. Perekrutan tenaga kerja dari dalam memiliki keuntungan, diantaranya adalah tidak mahal, promosi dari dalam dapat memelihara loyalitas dan dedikasi pegawai, dan tidak diperlukan masa adaptasi yang terlalu lama, karena sudah terbiasa dengan suasana yang ada. Namun demikian perekrutan dari dalam juga berarti terjadinya pembatasan terhadap bakat yang sebenarnya tersedia bagi organisasi dan mengurangi peluang masuknya pemikiran baru.

1. Eksternal
  • Lembaga pendidikan
  • Teman/anggota keluarga karyawan
  • Lamaran terdahulu yang telah masuk
  • Agen tenaga kerja
  • Karyawan perusahaan lain
  • Asosiasi profesi
  • Outsourcing

2. Internal
  • Promosi
  • Transfer / rotasi
  • Pengkaryaan karyawan kembali
  • Kelompok pekerja sementara / karyawan kontrak ( temporer )
Metode perekrutan karyawan dengan sumber dari luar perusahaan, dapat dilakukan :
  1. Melalui iklan di media massa (radio, TV, koran, internet).
  2. Melalui iklan atau adventensi diharapkan perusahan dapat merekrut calon tenaga kerja dengan spesifikasi tertentu dan dengan pengalaman kerja tertentu. Perekrutan melalui iklan ini biasanya disertai dengan suatu janji yang menarik, misalnya gaji yang besar, masa depan yang menarik dan sebagainya.
  3. Open house, untuk menjaring lebih banyak tenaga potensial secara umum, perusahaan dapat melakukan open house di sejumlah kalangan yang diprediksikan dapat menarik calon tenaga kerja potensial, seperti di perguruan tinggi, even-even tertentu.
  4. Menyewa konsultan perekrutan. Terkadang untuk mencari dan merekrut tenaga kerja profesional dibutuhkan konsultan yang mampu mencari tenaga tersebut, dengan demikian ada jaminan melalui konsultan perekrutan perusahaan tidak perlu membuang waktu untuk mencari tenaga kerja yang sesuai
FAKTOR-FAKTOR
  1. Mutu Karyawan yang direkrut 
  2. Jumlah Karyawan yang diperlukan 
  3. Biaya 
  4. Perencanaan dan keputusan strategis tentang perekrutan 
  5. Fleksibility 
  6. Pertimbangan-pertimbangan hukum 
TAHAPAN REKRUTMEN 
  1. Pemilihan media iklan lowongan ;
  2. Proses desain iklan lowongan kerja ;
  3. Seleksi administratif calon karyawan ;
  4. Test psikologi ;
  5. Interview awal, biasanya dengan HRD ;
  6. Interview dengan user ;
  7. Pemilihan kandidat ;
  8. Negosiasi gaji.


DEFINISI SELEKSI
  1.  Seleksi adalah kegiatan manajemen SDM yg dilakukan setelah proses rekrutmen selesai dilaksanakan (Rivai & Sagala, 2011)
  2. Seleksi adalah proses pemilihan orang-orang untuk mengisi lowongan pekerjaan di sebuah organisasi. (Ardana, 2011)
  3. Proses pemilihan dari sekelompok pelamar, orang atau orang-orang yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada pada saat ini yang dilakukan oleh perusahaan. (Henry Simamora 2004:202)
Berdasarkan pengertian-pengertian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian seleksi adalah proses memilih seseorang yang tepat dari suatu daftar pelamar yang memenuhi kriteria seleksi untuk menempati suatu jabatan atau posisi tertentu.

INSTRUMEN PROSES SELEKSI
  • Surat-surat rekomendasi
  •  Borang lamaran
  • Tes Kemampuan
  • Tes Kepribadian
  • Tes Psikologi
  • Wawancara
  • Assesment Center
  • Drug Test


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar