Selasa, 06 Oktober 2015

Tugas_1SS_PBisnis

Analisis
“PEMILIHAN LOKASI USAHA”

Lokasi usaha adalah salah satu dari faktor penting dalam memulai suatu usaha. Para pengusaha akan berusaha sedemikian rupa mencari tempat yang paling strategis. Dan hal tersebut adalah tantangan tersendiri, sebab pengusaha yang menetapkan lokasi dengan bijak dapat membangun keunggulan yang lebih dari para pesaingnya.

Melalui tulisan ini, saya akan menganalisis lokasi suatu usaha penjualan gas dan air mineral “MIGAS, MIduk Gabe Arta Sejahtera”

Usaha menjual gas dan air mineral ini bisa dibilang sangat menguntungkan, karna saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia memakai gas sebagai bahan bakar memasak di rumah maupun yang berjualan dan lebih memilih membeli air mineral kemasan daripada bersusah payah memasak air.


Berlokasi di pinggiran jalan raya, tepatnya di Jalan Pajajaran Raya, Perumnas 3 Kabupaten Tangerang. Usaha ini sangatlah strategis, selain itu juga sangat mudah dijangkau karna berada di tengah-tengah keramaian (rumah penduduk, warung sembako).

Berikut saya jabarkan lingkungan usaha ini.
Internal
1. Penjual
2. Karyawan : keluarga sendiri
Eksternal 
1. Konsumen : penduduk-penduduk sekitar, orang-orang yang sedang berlalu lalang, dan kerabat si penjual, dll
2. Pemasok : agen gas dari pertamina langsung cabang Jakarta timur yang diantar menggunakan mobil, agen air mineral kemasan dari sekitaran kota Tangerang
3. Pesaing : toko serupa yang berjarak sekitar 500 m

Lingkungan dan pemilihan lokasi diatas sudah baik. Jadi kesimpulannya adalah keputusan yang menyangkut pemilihan lokasi memiliki dampak yang luas dan panjang bagi masa depan suatu usaha. Pertimbangkan kembali lingkungan sekitar anda ketika ingin memulai karna semakin strategis suatu tempat semakin ketat persaingan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar