Analisis
“PEMILIHAN LOKASI USAHA”
Lokasi usaha adalah salah satu dari faktor penting dalam
memulai suatu usaha. Para pengusaha akan berusaha sedemikian rupa mencari
tempat yang paling strategis. Dan hal tersebut adalah tantangan tersendiri, sebab
pengusaha yang menetapkan lokasi dengan bijak dapat membangun keunggulan yang
lebih dari para pesaingnya.
Melalui tulisan ini, saya akan menganalisis lokasi suatu usaha
penjualan gas dan air mineral “MIGAS, MIduk Gabe Arta Sejahtera”
Usaha menjual gas dan air mineral ini bisa dibilang sangat
menguntungkan, karna saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia memakai gas
sebagai bahan bakar memasak di rumah maupun yang berjualan dan lebih memilih
membeli air mineral kemasan daripada bersusah payah memasak air.
Berlokasi di pinggiran jalan raya, tepatnya di Jalan
Pajajaran Raya, Perumnas 3 Kabupaten Tangerang. Usaha ini sangatlah strategis,
selain itu juga sangat mudah dijangkau karna berada di tengah-tengah keramaian
(rumah penduduk, warung sembako).
Berikut saya jabarkan lingkungan usaha ini.
Internal
1. Penjual
2. Karyawan : keluarga
sendiri
Eksternal
1. Konsumen : penduduk-penduduk
sekitar, orang-orang yang sedang berlalu lalang, dan kerabat si penjual, dll
2. Pemasok : agen
gas dari pertamina langsung cabang Jakarta timur yang diantar menggunakan mobil,
agen air mineral kemasan dari sekitaran kota Tangerang
3. Pesaing : toko
serupa yang berjarak sekitar 500 m
Lingkungan dan pemilihan lokasi diatas sudah baik. Jadi kesimpulannya
adalah keputusan yang menyangkut pemilihan lokasi memiliki dampak yang luas dan
panjang bagi masa depan suatu usaha. Pertimbangkan kembali lingkungan sekitar
anda ketika ingin memulai karna semakin strategis suatu tempat semakin ketat
persaingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar